Jumat, 02 Januari 2009

Kanggo Mitro Tani

Assalamu 'alaikum

Bumi kita semakin tua, semakin tidak berdaya menahan beban ulah manusia yang beragam gaya hidupnya. Isi bumi telah banyak di exploitasi, permukaan bumi semakin banyak diracuni.

Dulu... orang bilang bumi kita ini ... tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman, kolamnya juga kolam susu, ... sekarang sepertinya hal itu tak benar lagi ... jangankan tongkat, kayu, batu bisa jadi tanaman... bibit unggulpun malas untuk hidup! kenapa begitu, tanah kita sudah banyak tercemari akibat ulah manusia yang memiliki napsu keserakahan, pengennya tanah sejengkal menghasilkan padi sekwintal, lahan sedepa mau panen se pendapa, akhirnya ditempuh cara-cara instan, ... yoo .. pakek pupuk anu ini huebat bisa bikin panen berlipat ... its OK!! untuk saat itu, untuk generasimu... lha untuk generasi cucumu, kebagian tanah yang seperti batu!!! karena pupuk anu itu ternyata mengandung racun tang bikin tanah seperti batu..!!

Perlu tindakan bijaksana untuk menyelamatkan bumi, biarkan bumi tambah tua karena namanya umur yaaa! pasti bertambah dengan bergulirnya waktu, tapi kalau manusia mau membantu bumi supaya tetap bugar dihari tuanya, ini yang perlu dilakukan,... yaa semua perlu pengorbanan.
1. supaya kebugaran tanah yang terlanjur teracuni maka perlu upaya penghentian secara perlahan-lahan dan bertahap penggunaan "pupuk" non Organik, dan beralih menggunakan pupuk organik. Konsekuensinya dalam tahap-tahap awal pasti ada penurunan penghasilan, "INGAT" demi anak cucu.
2. Supaya kandungan racun dimuka bumi yang mengkontaminasi tahah air dan udara perlu disikapi dengan sikap untuk tidak bermanja-manja, yaa... masak siech kepanasan dikit aja nggak mau, berjubel dikit nggak mau, sedikit suntuk nggak mau sehingga rokok ngepul melulu.

Nah yang punya ide cemerlang dalam upaya menyelamatkan bumi gabung di sini ok! siapa tahu ide anda membuka mata dunia.

Wassalamu 'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar