Selasa, 03 Februari 2009

Cumbuan Pada Pertemuan Pertama

Waktunya kira-kira jam 4 sore, sebelum senja mulai temaram, Suasana romantis didukung oleh situasi yang romantis. Itulah sebabnya maka asmara kemudian menggelora. Air yang bening, sinar matahari yang mulai memancarkan rona kemerahan benar-benar membuat gelora asmara dua sejoli yang berada ditempat yang sepi, tak ada yang mengganggu.

Mungkin ini suatu kebetulan menurut mereka, padahal seting seperti itu memang sudah dipersiapkan untuk kepentingan tertentu. Mereka tidak tahu kalau ternyata ada sepasang mata yang dapat mengawasi mereka dengan leluasa. Bahkan seandainya yang mengawasi itu mau membidiknya dengan kamera, pasti akan menjadi berita yang menarik perhatian dunia.

Sepertinya awalnya hanyalah obrolan biasa, tetapi karena memang situasinya sangat mendukung maka mulailah ada aksi cumbuan yang menghanyutkan, tampak demikian mesranya dua sejoli itu, benar-benar merasa aman dari pengamatan orang aksinya berlanjut lebih seru lagi.

Hari semakin senja dan berganti malam, benar-benarlah makhluk yang dimabuk asmara itu lupa daratan, memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan, berjalannya waktupun tak dihiraukan, gelapnya malam justru jadi selimut yang menghangatkan, yang awalnya cumbuan menjadi aksi yang mendebarkan, saling belit, saling pagut, tak henti-hentinya sepertinya hendak menghabiskan sisa waktu semalaman.

Rupanya tak pula demikian, mereka akhirnya kecapekan juga! Setelah sebuah rontaan terjadi tampak keduanya menjadi sedemikian lelah, terkulai lemah, Bahkan ketika kemudian selembar jaring disodorkan, tak ada rontaan, mereka harus rela meninggalkan ribuan telur di dasar kolam.

Kurang lebih 35 jam kemudia mulailah tampak ada kehidupan baru di kolam jernih itu, bayi-bayi lele yang mulai mencari makanan untuk mempertahankan hidupma, Saat itulah diperlukan cacing sutra (cacing Tubivek)

Sekilas Cara Pemijahan Lele
Ukuran Kolam
3 m X 4 m x 0,7 m

Ukuran Bibit
Betina : 1 kg/ ekor atau lebih
Jantan : 1 kg/ kg atau lebih, Lebih besar dari betina lebih baik.

Kondisi Kolam
1. Air Jernih
2. Kedalaman air kurang lebih 40 cm

Makanan
1. 0 - 35 hari : cacing sutra
2. Mulai 15 hari bisa mulai diberi D0
3. Selebihnya sesuakan dengan situasi dan kondisi.

Perlakuan
1. Pelepasan induk kira-kira jam 4 sore (paling lambat)
2. Di angkat pagi hari berikutnya.

Ciri-ciri Kematangan Induk
Betina : Perut Besar, disekitar klosks kemerah-merahan.
Jantan: Gerakkannya agresif, ujung kloakanya kemerah-merahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar